Sebuah Keinginan Menjadi Kenyataan..

Pekanbaru, Jumat, 23/08/2013

Assalamualaikum.wr.wb

Ketika banyak orang yang meragukan mendapatkan sertifikasi bagi petani swadaya/mandiri itu sulit, kami mencoba mematahkan pendapat itu. Walaupun akan banyak tantangan dan hambatan dalam menjalani prosesnya, tapi dengan kemauan dan tekad semua hambatan tentulah dapat dilewati.

Perkembangan perkebunan di Indonesia saat ini memang telah memiliki berbagai dampak bagi kehidupan masyarakat. Perkebunan sawit dapat meningkatkan perekonomian masyarakat menjadi lebih baik. Impian masyarakat pun yang rata-rata bisa naik haji, rumah permanen yang layak pakai dapat terwujud dengan ladang kebun sawit yang produktif..:)  namun disisi lain, dampak perkebunan sawit juga terkadang memberikan dampak bagi lingkungan. Apalagi isu lingkungan dan pemanasan global saat ini menjadi perbincangan hangat di masyarakat dunia. Pembukaan lahan dengan membakar untuk dijadikan kebun kelapa sawit, menimbulkan kebakaran dan asap yang merugikan bagi kesehatan. Pengelolaan kebun yang terlalu banyak menggunakan bahan kimia pun dapat merusak unsur tanah dan air/sungai yang ada disekitar perkebunan.

Oleh karena itu, dengan berbagai masalah tercetuslah RSPO (Roundtable Suistainable Palm Oil). Semua pihak bersatu untuk menyamakan visi misi agar terwujud praktik perkebunan yang berkelanjutan dan lestari, dan mendapat pengakuan dunia. Bersama-sama mencari jalan agar semua dapat berjalan secara beriring, produksi sawit yang tetap berbasis pada ekonomi dan sosial masyarakat serta pada perlindungan satwa dan makhluk hidup lainnya.

Maka untuk pertama kalinya, tercetuslah sertifikat RSPO untuk petani sawit swadaya di Indonesia. Pada 29 Juli 2013, Asosiasi Petani Sawit Swadaya Amanah, kelompok tani dampingan WWF dan PT.Inti Indosawit Subur mendapatkan sertifikat RSPO. Asosiasi Amanah menjadi Kelompok tani sawit swadaya pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikat tersebut..

Syukur tak terkira atas pencapaian ini, dan saya ucapkan selamat kepada rekan-rekan staf ICS (Internal Control Sistem) Asosiasi Amanah dan anggota petani Asosiasi Amanah atas keberhasilan ini. Semoga keberhasilan ini dapat terus dipertahankan dan mendapatkan suport dari banyak pihak..Aamminn..:)

Percayalah bahwa jika kita menginginkan sesuatu, jika kita bersungguh-sungguh dan niatnya baik, in sha Allah akan terbuka jalannya untuk menjadi kenyataan…

adapun press release mengenai berita ini dapat dilihat di:

http://www.wwf.or.id/en/?29120/Pertama-di-Indonesia-Petani-Sawit-Swadaya-Terima-Sertifikasi-RSPO

ImageWassalamualaikum.wr.wb

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: